Memulai Bisnis Es Batu yang Higienis

Kebutuhan Individual dan Industri akan Bisnis Es Batu
Sekarang ini es batu telah nyaris menjadi keperluan primer. Baik itu berupa keperluan bagi individu ataupun pasar. Bagi individu, es batu dibutuhkan dengan tujuan mendinginkan makanan atau membuat minuman. Di sisi lain bagi pasar atau industri, es batu dipakai bertujuan menciptakan produk atau menjadi pengawet produk. Misalkan seperti es batu menjadi pendingin untuk minuman es hingga dijadikan bahan pengawet untuk ikan-ikan yang dikirim dalam box kontainer.

Kesempatan Bisnis Es Batu
Bisa jadi tak banyak yang mengetahui, bahwa sebenarnya lumayan banyak kebutuhan es batu di pasar. Memang, jika cuma melihat bisnis “jual es batu” rumahan yang biasanya terdapat di rumah-rumah atau pinggir jalan, tak terlihat bahwa bisnis tersebut begitu menguntungkan. Tetapi yang patut kita butuh untuk ketahui adalah bisnis es batu tak hanya terdapat di “jual es batu” rumahan atau pinggiran itu, tetapi ada yang lainnya.

Baca juga  Cara Membuat Crepes Enak dan Mudah
Di restoran atau rumah makan misalnya kita ambil contoh. Rumah makan membutuhkan es batu untuk mendinginkan minuman atau makanan. Selain itu rumah makan juga memakai es batu untuk mendinginkan bahan makanan seperti Ikan. Yang mana tujuan ikan itu didinginkan sebelum diproses adalah agar ikan tidak busuk.

Selain rumah makan kita bisa mengambil contoh di industri perikanan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Ikan sebaiknya tetap segar sampai terjual kepada konsumen supaya terjaga kualitasnya. Seringkali ini menjadi masalah karena ketika proses pengiriman, kesegaran ikan hilang atau berkurang karena suhu. Maka Ikan harus dipelihara supaya tetap dingin, segar, dan lembap ketika proses pengiriman. Salah satu cara untuk melakukan penjagaan tersebut adalah dengan mengirimnya dalam box atau wadah tertutup yang memiliki suhu dingin. Dan cara untuk mendinginkan suhu dalam box atau wadah tersebut adalah dengan memberinya es batu.

Sehingga keperluan pasar akan es batu tidak bisa dibilang kecil. Sehingga mesti ada yang memenuhi kebutuhan sekaligus peluang bisnis es batu ini.

Ruth Harso, owner Ice Cube Crystal dapat memproduksi sekitar 10 ton es batu kristal per hari. Es tersebut ia beri harga seharga 1400/kg es batu kristal. Dari sales dengan harga tersebut ia dapat mengantongi profit sampai lima puluh persen.

Ahmad Zalu Wibowo di Cijantung, Jakarta juga menjalani bisnis es batu kristal. Ia menghasilkan 4 ton es batu kristal setiap hari. Es batu tersebut ia jual dengan harga 1200 per kg-nya. Dari penjualan itu dia mendapat profit sampai 20%.

Ahmad mengatakan bahwa pelanggan es batu kristal tidak hanya terbatas pada rumah makan dan restoran saja. Orderan es batu dapat muncul dari pagelaran event-event, misalnya seperti Java Jazz. Acara-acara seperti Java Jazz dapat membutuhkan es batu hingga 10 ton setiap hari.
Dari 2 contoh keberhasilan bisnis es batu di atas yang kami bahas dari peluangusaha.kontan.co.id, bisa kita ambil kesimpulan bahwasannya bisnis es batu memiliki potensi keuntungan yang tidak kecil.

Baca juga  Potensi Usaha Roti Tape yang Menguntungkan
Cara Memulai Bisnis Es Batu
Tempat
Modal yang pertama-tama wajib kita siapkan adalah modal tempat. Meskipun produk es batu ini tidak terlalu besar, tetapi jika kita sudah bermain di tingkat “ton-ton-an” pasti harus memiliki tempat yang luasnya mencukupi. Bahkan selain bangunan yang mencukupi, kita juga membutuhkan tempat yang terjaga suhunya dan bersih. Tentu jika tempat kotor bisa menimbulkan risiko kotornya es batu. Dan tentu kalau tempatnya tidak tahan panas akan menjadikan es tak awet.

Di tempat itu kita juga akan melakukan proses pembuatan es batu dengan mesin dan alat yang kita sudah miliki. Di samping itu, kita juga membutuhkan tempat itu sebagai penyimpanan sementara sebelum es batu dikirimkan ke pengguna.

Alat Pembuat Es Batu
Untuk menghasilkan es batu dengan kuantitas besar sudah pasti kita memerlukan alat pembuat es batu atau freezer khusus.

Kita lihat contoh Ahmad di atas. Beliau merogoh kocek 200 juta untuk mendapatkan 3 unit mesin pembuat es beserta pemasangannya. Sedangkan bangunan seluas 200 meter persegi telah ia punyai sebelumnya. Alat yang ia peroleh dari Jepang tersebut bisa menghasilkan 200 kg es kristal dengan waktu empat jam.

Jika tertarik alat pembuat es batu yang lebih ekonomis dapat didapatkan di ramesia mesin.

Pengiriman
Kita juga harus mempersiapkan semua yang diperlukan untuk pengiriman, seperti misalnya packing dan kendaraan. Yang harus dilihat dari packaging ini adalah kapasitas untuk memelihara suhu dingin dan kehigienisannya. Sedangkan yang harus dilihat dari kendaraan adalah bahwa kendaraan tersebut patut bisa membawa dan menampung es sampai hitungan ton.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-es-batu-higienis/

Cara Membuat Crepes Aneka Rasa

Kue Crepes aneka rasa ini merupakan jajanan yang asalnya dari benua Eropa namun sudah tersebar ke seluruh negara di dunia. Jika dilihat dari sisi bahasa, nama crepes berarti meringkuk, yang berasal dari bahasa Perancis, crispa. Bila dilihat sekilas, bentuk kue crepes ini memang seperti meringkuk sebab saat dihidangkan, adonan kue crepes ini telah dilipat-lipat dahulu.

Macam-macam Kue Crepes Aneka Rasa
Dari awal kemunculannya sampai saat ini, crepes dapat dikategorikan menjadi 2 macam. Jenis yang pertama ialah crepes manis. Sesuai namanya, kue crepes memakai pelengkap bahan-bahan yang mempunyai rasa manis.

Adapun bahan isian yang kerap digunakan untuk crepes manis antara lain seperti pisang, coklat, potongan buah, es krim, sirup, gula, selai, dan masih banyak lagi. Karena rasanya manis, kue crepes manis sangat diminati oleh anak-anak.

Sedangkan untuk jenis kue crepes kedua ialah crepes gurih/asin atau sering disebut crepe salee. Sesuai dengan namanya, kue crepes ini mempunyai rasa yang lebih gurih atau asin. Rasa gurihnya berasal dari bahan-bahan seperti jamur, bayam, telur, keju dan masih banyak lagi.

Crepes manis biasanya dihidangkan sebagai pencuci mulut atau hidangan penutup (dessert), sedangkan untuk kue crepes asin sebagai sajian hidangan pertama kalinya. Crepes manis sendiri biasanya dibuat dengan bahan utama tepung gandum, sedangkan crepes asin dibuat dengan tepung buckwheat.

Sebagai salah satu kudapan yang begitu populer dan digemari oleh orang dewasa maupun anak-anak, wajar bila kita bisa menjumpai penjual crepes di berbagai sudut kota. Namun, Anda tak perlu membeli kue ini kalau hanya untuk bisa menikmati lezatnya crepes.

Anda dapat membuatnya sendiri di rumah Anda dengan mengikuti resep crepes aneka resep yang akan disajikan dibawah ini. Bahan-bahan yang diperlukan sangat mudah diperoleh dan peralatan yang digunakan juga tentunya sudah tersedia di rumah Anda.

Baca juga  Inilah Cara Mendirikan Usaha Es Tebu Aneka Rasa yang Jarang Diketahui Orang
Bahan-bahan Pembuatan Kue Crepes Aneka rasa
100 gr tepung gandum protein sedang
150 ml susu cair. Anda bisa menggunakan susu cair sapi atau bisa juga menggunakan susu bubuk yang sudah dicairkan, sesuaikan dengan keinginan dan ketersediaan bahan-bahan yang ada di rumah Anda.
1 btr telur.
Margarin secukupnya (kurang lebih 1 sdm saja). Mentega yang ada dilelehkan dahulu lalu disisihkan.
½ sdt baking powder.

Bahan Isi Kue Crepes Aneka Rasa
Bahan yang digunakan dalam resep kue crepes dapat disesuaikan dengan kesukaan Anda misalnya saja buah pisang yang telah dipotong kecil-kecil, coklat, keju, choco chip, meses, susu, selai atau bahan-bahan lain yang bisa digunakan untuk toping secara terpisah atau dicampurkan untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat.

Cara Membuat Kue Crepes Aneka Rasa
Kocok telur dan susu yang ada dengan menggunakan whisker sampai campurannya rata dan terlihat berbusa. Usahakan untuk mengocok sampai adonannya terlihat berbusa untuk membuat adonan kue crepes tetap kenyal.

Masukkan tepung gandum sedikit demi sedikit. Sebaiknya Anda menuangkan tepung terigu sembari diayak agar tepungnya jatuh secara rata dan membuat proses pencampuran menjadi lebih mudah. Aduk terus hingga merata.

Tuangkan baking powder ke dalam adonan tadi kemudian aduk lagi sampai merata.

Tuangkan margarin yang sudah dilelehkan sebelumnya, aduk lagi sampai rata.

Siapkan wajan yang akan dipergunakan sebagai alat membuat crepes. Anda bisa mempergunakan wajan untuk membuat terang bulan atau wajan teflon yang telah tersedia. Panaskan wajan tersebut terlebih dahulu.

Setelah wajannya panas, angkat dulu dari perapian, lalu tuangkan 1 sendok sayur adonan kue crepes, putar wajan hingga adonannya rata dan cukup tipis.

Setelah itu taruh lagi wajan di atas kompor. Ingatlah untuk memasak crepes dengan menggunakan api kecil supaya adonan crepes tidak gosong.

Sementara adonan masih dipanaskan, letakkan bahan isian (toping) di atasnya misalnya irisan pisang kemudian ditaburi keju parut dan meses.

Comments

Popular Posts