Analisis Peluang Usaha Bumbu Bubuk

Jika Anda telah mendapat orang untuk memasak atau Anda juga dapat memasak sendiri bumbu dapur racikan ini, maka kesempatan bisnis tesebut tinggal menuju kebagian marketingnya.

Pemasaran terbaik adalah dengan membiarkan kenalan di dekat Anda dahulu sebagai percobaan produk bumbu dapur racikan Anda sebelum Anda jual di pasar yang sebenarnya, cermati apa reaksi orang-orang tersebut kepada bumbu dapur racikan Anda.

Setelah dirasa lumayan baik reaksi yang diberikan, maka Anda dapat mencoba menawarkannya kepada orang luar.

Pada dasarnya terdapat beberapa strategi pemasaran usaha bumbu bubuk ini yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah:

1. Menjual Produk di Pasar Tradisional Tempat Kita Tinggal

Kesempatan bisnis UKM tersebut dapat kita jalankan di depan pasar traditional di sekitar Anda, uang yang digunakan untuk biaya tempat terbilang lebih murah.

Anda tidak perlu mengontrak sebuah kios, cukup dengan beberapa meja atau peralatan sederhana karena bumbu telah Anda buat dari rumah.

Baca juga  Peluang Usaha Produksi Etalase Kue Kering
Target pasar Anda sangat besar karena pada dasarnya orang mengunjungi pasar adalah untuk berbelanja bahan masakan, walau demikian kualitas dan harga yang Anda pakai harus bisa bersaing.

2. Menjual Produk di Sekitaran Toko Swalayan

Disebrang Minimarket contohnya alfamart atau indomart dan semacamnya.

kesempatan usaha ini sepertinya bisa juga dijajakan di depan minimarket, mengingat masyarakat Indonesia telah banyak yang berbelanja kebutuhan harian mereka disana.

karenanya bisa dibilang cocok apabila Anda manfaatkan peluang usaha bumbu bubuk di lokasi seperti ini.

3. Menjual Produk di Pasar Modern dengan Mendirikan Stand Khusus

Di depan supermarket atau hypermarket yang berada pada pusat perbelanjaan atau mall.

Umumnya dari Mall menyediakan stand-stand kecil di depan hypermarket, Anda dapat menanyakan pada pengelola hypermarket tersebut.

Dana yang digunakan akan cukup lumayan untuk mengontrak sebuah stand, tapi Anda bisa mengakalinya dengan menaikan harga jual bumbu dapur racikan Anda.

4. Menjual Produk di Kawasan Pemukiman

Kuasai pasar sebuah kawasan seperti komplek pedesaan di sekitar Anda.

Gunakan brosur untuk sarana promosi, Anda cukup mengantarkan bila ada yang order.

5. Menjual Produk Secara Online.

Berjualan dengan cara online baik dengan lewat blog maupun social media networking.

Sarat utama di pasarkan secara online adalah Anda haruslah bisa mengakali daya tahan produk Anda agar bisa bertahan pada tenggat waktu tertentu karena proses pengiriman membutuhkan waktu.

Peluang bisnis ini memang gampang dikatakan tapi ada beberapa rintangan di dalamnya saat Anda menjalankannya.

Contohnya ketahanan bumbu dapur buatan.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-bumbu-bubuk/
https://ramesia.com/

Peluang Usaha Jus Strawberry


Usaha jus buah strawberry sekarang ini lagi popular. Anda bisa membuka usaha sampingan dengan menjual jus buah segar dengan modal yang tidak begitu banyak.

Anda akan dapat menghasilkan laba pada bisnis rumahan ini dengan keuntungan margin kurang lebih antara 15% sampai 30%.

Bagi Anda yang galau menemukan ide bisnis sampingan maupun usaha rumahan, ide bisnis menjual minuman jus buah dapat menjadi alternatif bagi Anda, terutama untuk ibu-ibu rumah tangga.
Perkiraan modal untuk membuka bisnis jus buah strawberry
1. Frezeer es Rp. 500.000
2. Juicer Rp. 300.000
3. Perlengkapan lain-lain Rp. 300.000
4. Etalase/gerobak Rp. 1.500.000

Total Rp. 2.600.000

Biaya operasional untuk durasi satu bulan yang harus disediakan

1. Sedotan Plastik 500 biji @100 Rp. 50.000
2. Gelas Plastik 500 biji @500 Rp. 250.000
3. macam-macam Buah 10 kg @ 50.000 Rp. 500.000
4. Es Batu Rp. 100.000
5. Gula, Coklat dan Susu Rp. 500.000
6. Cost Sewa Listrik Rp. 150.000
7. Pekerja satu orang Rp. 750.000
8. Sewa Ruko Rp. 500.000
Total Rp. 2.800.000
Total Estimasi cost yang di dibutuhkan dalam 30 hari ialah Rp. 2.600.000 + Rp. 2.800.000 = Rp. 5.400.000

Baca juga  Peluang Bisnis Waralaba Minuman Coklat yang Mempunyai Prospek Bagus
Untuk mengawalinya, Anda harus memiliki target penjualan. Tentukan berapa banyak kemasan jus buah strawberry yang dapat Anda jual.

Kita prediksikan target penjualan jus buah strawberry per hari adalah 30 gelas.

Cara perhitungannya yaitu sebagai berikut:
Jika dalam satu hari Anda sukses menjajakan 30 gelas jus dengan harga Rp. 7.000 per gelas.

Maka pendapatan per hari adalah 30 x Rp. 7000 = Rp. 210.000

Kemudian apabila dalam rentang waktu satu bulan full, maka jumlah omzet adalah Rp. 210.000 x 30 = Rp. 6.300.000

Apabila pengeluaran dan modal awal untuk satu bulan Rp. 5.400.000 dan omzet Anda dalam satu bulan mencapai Rp. 6.300.000, maka profit bersih Anda adalah Rp. 900.000.

Comments

Popular Posts