Resep Ayam Serundeng yang Nikmat dan Menggoyang Lidah

Ayam serundeng merupakan hidangan yang sangat terkenal di Sunda. Banyak orang juga menyebutnya sebagai hidangan khas Sunda. Cita rasa yang dominan dalam ayam goreng serundeng adalah gurih dan asin yang akan membuat Anda ingin tambah lagi ketika menikmatinya dengan nasi putih.

Hanya dari namanya saja, Anda pasti sudah tahu bahan dasar hidangan yang satu ini. Ya, bahan dasarnya adalah ayam. Anda bisa menggunakan berbagai jenis daging ayam untuk diolah menjadi ayam goreng serundeng. Ayam kampung maupun ayam broiller tidak masalah. Namun, jika ingin membuatnya lebih ekslusif gunakanlah ayam kampung.

ayam serundeng

Beberapa orang menyebut ayam goreng serundeng dengan ayam laos atau ayam lengkuas. Orang-orang menyebutnya dengan nama itu bukan tanpa alasan. Salah satu rempah atau bumbu yang memilkiki rasa dan aroma yang dominan dalam hidangan ini adalah lengkuas atau laos. Oleh karena itu, beberapa orang menyebutnya ayam lengkuas atau ayam laos.

Rasa gurih dari ayam serundeng berasal dari kelapa. Pengunaan kelapa dalam hidangan ini membuatnya memiliki cita rasa yang nikmat. Selain itu, tambahan berbagai macam rempah-rempah lain juga membuat ayam goreng serundeng makin lezat.

Setelah membaca beberapa fakta tentang ayam goreng serundeng, apakah Anda ingin segera menyantapnya sebagai menu makan Anda hari ini? Memasaknya sendiri di rumah akan menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin menikmatinya bersama keluarga.

Selain bisa menghemat pengeluaran, memasak ayam goreng serundeng sendiri juga akan membantu Anda mempelajari resep memasak hidangan baru. Nah, kali ini penulis akan membagikan beberapa resep ayam goreng serundeng yang nikmat dengan cita rasa yang beragam. Yuk, simak!

ayam serundeng

Contents [hide]

1 1. Ayam Serundeng Hitam Manis
1.1 Bahan untuk Membuat Serundeng:
1.2 Bumbu untuk Dihaluskan:
1.3 Bahan Ayam Goreng:
1.4 Cara Membuat Ayam Serundeng Hitam Manis:
2 2. Ayam Serundeng Bumbu Rawit
2.1 Bahan-Bahan:
2.2 Cara Membuat:
2.3 3. Ayam Goreng Serundeng Kelapa
2.4 Bahan-Bahan untuk Dihaluskan:
2.5 Bahan untuk Ayam Goreng:
2.6 Cara Membuat:
1. Ayam Serundeng Hitam Manis
Resep pertama yang akan penulis bagikan adalah ayam serundeng hitam manis. Kenapa manis? Karena ayam serundeng yang satu ini ada rasa manisnya selain rasa gurih dan asin yang biasanya dominan pada ayam serundeng.

Sudah tidak sabar ingin mencobanya? Yuk, simak bahan-bahan untuk membuat ayam serundeng hitam manis berikut.

Baca juga  Tips Memulai Bisnis Restoran di Indonesia yang Masih Sangat Menjanjikan
Bahan untuk Membuat Serundeng:
Garam secukupnya.
1 sendok makan ketumbar.
Asam jawa secukupnya.
Gula merah secukupnya.
Buah kelapa setengah bagian.
Bumbu untuk Dihaluskan:
Kunyit seukuran ruas jari.
2 buah bawang putih.
Bahan Ayam Goreng:
Garam secukupnya.
Ketumbar bubuk 2 sendok makan.
Bawang putih 2 buah, di
Jeruk nipis 2 buah yang sudah dibelah-belah.
500ml air kelapa.
1 ekor ayam kampung atau ayam potong. Mintalah penjual ayam untuk memotongnya menjadi empat bagian.

Sumer : https://ramesia.com/ayam-serundeng/

Tongkol Jagung Ternyata Punya Banyak Manfaat

Padahal bila ditelusuri lebih jauh, bagian tongkol ini sebenarnya masih memiliki banyak manfaat. Bonggol jagung bisa diolah menjadi berbagai macam barang yang memiliki nilai jual. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan, karena selain menghasilkan sesuatu yang baru, pengolahan bonggol jagung juga akan membantu mengurangi pencemaran.

Contents [hide]

1 Mengenal Bagian-Bagian Jagung
1.1 1. Akar
1.2 2. Batang
1.3 3. Daun
1.4 4. Bunga
1.5 5. Tongkol dan Biji
2 Manfaat dan Kandungan Tanaman Jagung
2.1 1. Biji Jagung
2.2 2. Batang
2.3 3. Daun
2.4 4. Kelobot atau Kulit Jagung
2.5 5. Bonggol Jagung
3 Mengenal Tongkol Jagung
3.1 Manfaat Tongkol Jagung
Mengenal Bagian-Bagian Jagung
Jagung yang memiliki nama latin Zea mays ini termasuk tanaman pangan dari keluarga rumput-rumputan. Hal ini bisa dilihat dari morfologi tanaman jagung yang meliputi akar, batang, daun, dan bunga. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini mengenai bagian-bagian dari tanaman jagung.

tongkol jagung

1. Akar
Akar pada tanaman jagung termasuk akar serabut yang terdiri dari beberapa bagian. Jagung memuliki akar penyangga yang fungsinya menjaga tanaman agar tetap tegak. Selain itu ada pula akar adventif yang tumbuh dari ruas-ruas terbawah batang jagung dan berfungsi sebagai penyerap air dan zat hara dari tanah.

2. Batang
Jagung memiliki batang yang lurus, tegak, tidak bercabang, silindris, dan beruas-ruas. Secara anatomi, batang jagung terdiri dari 3 komponen utama, yaitu jaringan epidermis yang merupakan kulit terluar, jaringan pembuluh, serta bagian pusat batang.

3. Daun
Daun jagung berbentuk panjang dan tumbuh dari ruas-ruas batang. Setiap daun jagung terdiri dari bagian helai, ligula, dan juga pelepah daun yang tumbuh sejajar dengan batang. Jumlah daun cukup beragam tergantung pada varietasnya, namun jagung yang sudah tua rata-rata memiliki sekitar 20 helai daun di setiap batangnya.

Daun jagung memiliki permukaan yang licin sekaligus berambut. Seperti tanaman rumput-rumputan pada umumnya, daun pada tanaman jagung juga memiliki stomata berbentuk halter yang dikelilingi sel-sel epidermis.

4. Bunga
Bagian bunga pada jagung terdiri dari bunga jantan dan bunga betina, namun letaknya terpisah pada satu tanaman. Bunga jantan terletak pada puncak atau ujung tanaman dan memiliki serbuk sari berwarna kuning, sedangkan bunga betina tersusun dari tongkol yang tumbuh di ruas batang, tepatnya di antara batang dan pelepah daun.

5. Tongkol dan Biji
Bagian ini bisa disebut sebagai buah dari tanaman jagung dan diselimuti dengan kelobot atau daun pembungkus. Biji jagung yang melekat pada tongkolnya terdiri dari 3 bagian utama, yaitu dinding sel atau lapisan terluar, endosperma yang merupakan cadangan makanan, serta bagian lembaga atau embrio.

Comments

Popular Posts