Cara Membuat Sari Buah Salak yang Praktis

uah-buahan merupakan bahan pangan sumber vitamin. Disamping buahnya yang nikmat dikonsumsi, pada umumnya daun buah tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk segala kebutuhan. Misalnya daun pisang sebagai makanan ternak, daun pepaya untuk melunakan daging dan melancarkan ASI terlebih daun pepaya jantan.

Warna buah cepat sekali berubah karena pengaruh cahaya matahari dan pemotongan, serta pengaruh biologis (jamur) mengakibatkan buah cepat membusuk. Maka dari itu pengolahan buah untuk memperpanjang waktu ketahananya sangat penting.

Sari buah merupakan cairan yang diperoleh dari pemerasan buah segar yang telah masak. Pada prinsipnya sari buah terdapat 2 jenis, yaitu :

1) Sari buah encer yang dapat langsung dikonsumsi, yaitu cairan buah yang diperoleh dari pemersan buah, setelah itu dilanjutkan dengan tambahan air serta gula pasir.

2) Sari buah pekat atau Sirup, yaitu cairan yang diperoleh dari pemerasan buah dan diteruskan dengan proses pemekatan, baik dengan cara pemanasan biasa maupun menggunakan cara lain semisal penguapan dan lainya.

Cairan sirup ini tidak dapat langsung dikonsumsi, tetapi harus dicampur dulu dengan air. Buah-buahan yang kerap dibuat menjadi sari buah atau sirup yaitu : pala, pisang, jambu biji, mangga, sirsak, wortel, tomat, kueni, markisa, nangka, jahe, asam semua jenis jeruk, dan lainya. Sari buah ataupun sirup buah bisa bertahan selama kurang lebih 3 bulan.

Bahan yang Diperlukan
1) Buah yang Masih Segar : 5 kg

2) Gula pasir kusus untuk sirup 1 ¼ kg : 125 gr

3) Asam sitrat : 3 gram / liter sari buah

4) Natrium benzoat : 1 gram

5) Garam dapur : 20 gram

6) Air putih secukupnya

Alat yang Diperlukan
1) Pisau buah

2) Panci

3) Alat Parutan kelapa

4) Pengaduk

5) Tungku atau kompor

6) Wadah dan tutup yang telah disterilkan

7) Kain saring atau kain blacu

8) Corong

9) Wadah besar

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-sari-buah-salak/
https://ramesia.com/

Cara Membuat Capcay Berkuah yang Lezat


Anda pasti mengenal panganan yang dikenal capcay. Masakan ini sangat pas dijadikan sebuah menu makanan yang nikmat bagi keluarga Anda. Sebab, selain cita rasanya yang berselera tinggi, capcay juga kaya akan kandungan gizi didalamnya. Kandungan nutrisi tersebut tentu saja sangat berguna bagi kebugaran tubuh.

Selain itu, cap cay juga bisa dimasak menjadi berbagai jenis hidangan makanan sehari-hari terutama dibuat menjadi sayur sop yang nikmat. Dengan dilengkapi berbagai rempah-rempah yang membuat sehat, kuliner ini tentu akan meningkatkan selera makan Anda kembali semakin tergugah. Baik dengan cara dioseng maupun dengan cara dikuah, capcay dua-duanya sama enaknya.

Resep Capcay Berkuah Enak dan Higienis
Di saat memasak capcay, yang sebaiknya kita perhatikan ialah tekstur sayuran supaya tidak terlalu layu. Jika terlalu layu, maka nilai gizi yang terkandung didalamnya akan minim dan warna capcay juga menjadi kurang menawan. Panaskan beberapa menit tetapi jangan sampai terlalu lama dan terlalu masak. Usahakan sebelum memasak, pastikan sayuran sudah dicuci bersih demi menjaga kesegarannya.

Baca juga  Peluang Usaha Sate dengan Tambahan Gulai yang Memikat Para Konsumen
Bahan-Bahan Resep Capcay Berkuah
5 potong jagung muda.
5 bh kembang kol, belah dua
5 bh brokoli, jadikan dua
5 batang buncis, iris serong dengan pisau
1 btg wortel, iris tipis-tipis
6 bh jamur kancing, belah dua
6 butir bakso sapi, iris
6 ekor udang laut kupas
10 buah kapri muda, iris serong
1 buah caisim, potong yang sedang-sedang
1 bh sawi, potong sedang

Cara Membuat Capcay Berkuah
Siapkan semua bahan sayuran dan pastikan sudah dibilas bersih sebelumnya, sediakan bumbu-bumbu, larutkan tepung maizena dalam kaldu ayam cair, kemudian.
Panaskan bawang merah, bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
Masukkan tomat, jahe dan daun bawang sesuai matriks di atas, masak beberapa menit hingga daun bawang agak layu.
Tambahkan semua bahan, lalu masak beberapa menit.
Taburkan garam, gula pasir alami, merica bubuk, saus tiram dan kecap manis. aduk sampai rata.
Langkah terakhir, masukkan larutan sagu maizena dan bumbu kaldu ayam berbentuk cair, olah hingga air matang dan semakin terasa.
Angkatlah dan sajikan hangat.

Comments

Popular Posts