Trik Sederhana Cara Membuat Capcay Jawa

Cap cai, capcay Jawa atau capcai merupakan salah satu menu kuliner yang bermula dari adat warga Tionghoa. Istilah capcay Jawa sendiri mempunyai arti 10 sayur, akan tetapi

meskipun demikian tidak berarti kita mesti menggunakan sepuluh jenis sayuran saat memasak capcay Jawa. Sederhananya, capcay Jawa dapat diartikan sebagai masakan yang menggunakan berbagai macam sayuran sebagai bahan utamanya.

Capcay Jawa yang akan kita bahas kali ini ialah jenis capcay Jawa sederhana. Sebenarnya, resep capcay Jawa sederhana tidak jauh berbeda dengan cap cay jenis lainnya karena semua jenis capcay Jawa menggunakan berbagai varian sayuran, dan yang membedakan hanya cara pembuatannya. Sesuai istilahnya, cara memasak berbagai varian sayuran ini dapat dimasak memakai kuah atau bisa juga ditumis dengan air secukupnya.

Saat membuat capcay Jawa, sekali lagi tidak ada resep yang pasti & tidak harus menggunakan sepuluh macam sayuran. Seperti umumnya, bahan-bahan capcay Jawa sederhana antara lain adalah: kembang kol, buncis, sawi, cai sim, kapri, jamur kuping, jagung muda dan lain-lain. Resep cap cai sederhana tidak mengharuskan berapa jumlah atau jenis sayuran, semua tergantung pada minat dan ketersediaan bahan.

Resep Capcay Jawa Sederhana Enak dan Higienis
Saat membuat capcay Jawa, yang sepatutnya kita perhatikan ialah tekstur sayuran agar tidak terlalu lembek. Jika terlalu layu, maka nilai gizi yang terdapat didalamnya akan berkurang dan tampilan capcay Jawa juga menjadi kurang cantik. Panaskan beberapa menit tetapi jangan sampai terlalu sebentar dan terlalu matang. Dan sebelum memasak, pastikan semua sayuran telah dicuci bersih untuk menjaga kebersihannya.

Baca juga  Cara Menggiling Daging Bebek untuk Olahan Rica-rica
Bahan-bahan Resep Capcay Jawa Sederhana
5 bh jagung muda.
5 bh kembang kol, belah dua
5 potong brokoli, jadikan dua
5 btg buncis, iris serong dengan pisau
1 batang wortel, iris tipis-tipis
6 buah jamur kancing segar, belah dua
6 btr bakso sapi, lalu diiris
6 ekor udang kupas
10 bh kapri muda, iris mengarah serong
1 bh caisim, potong yang sedang-sedang
1 bh swai hijau, potong sedang
Bumbu – bumbu
4 butir bawang merah, cincang sampai halus
2 butir bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay, potong dadu
1 btg daun hijau bawang, potong pendek-pendek
1 bh tomat merah, potong dadu
2 centimeter jahe, lalu tumbuk
1 sendok teh garam asin
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1 sendok makan tepung maizena
50 milliliter bumbu penyedap ayam cair
Cara Membuat Capcay Jawa Sederhana
Siapkan semua bahan sayuran dan pastikan sudah dibilas resik sebelumnya, siapkan bumbu-bumbu, larutkan tepung maizena ke dalam kaldu ayam cair, sisihkan.
Panaskan bawang merah, bawang putih dan bawang bombay sampai mengeluarkan bau harum.
Tambahkan tomat, jahe dan daun bawang, masak beberapa menit sampai daun bawang agak layu.
Masukkan semua bahan, lalu panaskan beberapa menit.
Bubuhkan garam, gula pasir, bubuk merica, saus tiram dan kecap hitam manis. aduk sampai rata.
Langkah terakhir, tambahkan larutan tepung maizena dan kaldu ayam cair, masak hingga air masak dan kaldu mengental.
Angkatlah kemudian sajikan hangat.

Sumber : https://ramesia.com/membuat-capcay-jawa/

Peluang Usaha Pengemasan Snack yang Potensial dan Menjanjikan


Kebanyakan orang menyepelekan usaha pengemasan snack dan menganggapnya sebagai usaha di bidang makanan yang memiliki profit sedikit dan tidak prospektif. Tanggapan semacam itu salah besar, karena usaha pengemasan snack merupakan peluang usaha rumahan yang sungguh berpotensi bila dijalankan dengan baik dan tepat.

Peluang usaha snack merupakan peluang usaha yang memiliki potensi karena usaha dalam bidang ini sungguh bagus dan minat masyarakat akan snack sungguh tinggi sehingga banyak pebisnis yang menggeluti usaha ini.

Snack adalah teman bersantai dan suguhan bagi para tamu yang bertamu ke rumah Anda, karena snack ini mempunyai sifat tidak mudah mengenyangkan perut sehingga amat pas untuk hidangan ketika bersantai bersama keluarga, sahabat, atau bahkan sendiripun juga mantap rasanya.

Snack ini banyak sekali macam dan rasanya. Tinggal memilih saja apa yang Anda senangi. Snack kering seperti kripik singkong, kripik pisang, kripik buah-buahan, kripik sayuran, dan lain-lain, biasanya ada yang mempunyai rasa pedas, asin, dan manis. Anda tinggal memilih rasa apa yang Anda senangi.

Jenis makanan snack sudah banyak yang dikenal di kalangan masyarakat Nusantara. Kebanyakan masyarakat Indonesia suka memakan snack karena tidak membuat perut cepat kenyang.

Ditambah lagi harga snack yang sangat murah menjadi sebab masyarakat semakin menyukainya dan mengkonsumsinya sebagai camilan sehari-hari di rumah dan juga sebagai suguhan untuk sanak saudara yang bertamu ke rumah.

Apalagi sebagaimana yang Anda ketahui snack merupakan makanan kesukaan anak kecil, jadi sangatlah gampang untuk dapat menjual snack. Kan tahu sendiri, bagaimana reaksi anak kecil bila ingin jajan? Pasti menangis dan ngambek sampai akhirnya dibelikan.

Selain itu, makanan juga merupakan kebutuhan dasar hidup manusia, sehingga menjadikan bisnis di bidang makanan menjadi usaha yang tidak ada habisnya. Sebab usaha makanan akan selalu menjanjikan hasil yang menggiurkan. Snack dengan rasa unik merupakan salah satu pilihan usaha makanan yang menjanjikan tersebut. Usaha pengemasan snack dengan modal kecil akan dapat menghasilkan laba yang memuaskan hati.

Maksud dari usaha pengemasan snack dengan modal kecil adalah Anda membuat snack yang memiliki cita rasa baru tetapi Anda hanya menghabiskan modal seminimal mungkin dan bisa memperoleh laba yang sebesar-besarnya. Itulah prinsip ekonomi dari seorang pebisnis sukses.

Baca juga  Bisnis Mie Ayam Pangsit Merupakan Peluang Usaha yang Sangat Menguntungkan
Oleh karena tujuan utama dari usaha yang Anda jalankan adalah memperoleh keuntungan yang besar, maka Anda harus selalu rajin dan ulet untuk mencapai tujuan Anda tersebut. Mempunyai usaha snack harus disertai kreasi, inovasi, dan rasa yang berbeda serta lezat di lidah para konsumen.

Sebenarnya sangat banyak contoh usaha snack yang dapat Anda jadikan referensi. Hanya saja yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah faktor-faktor yang bisa menjadikan usaha pengemasan snack Anda dapat berkembang pesat dan memiliki banyak konsumen. Apa saja faktor-faktor tersebut? Berikut ini pembahasannya:

1. Tempat yang strategis.
Selezat apapun snack yang Anda jual, bila hanya segelintir orang yang mengetahuinya maka akan sulit sekali untuk menjualnya. Karena itu faktor tempat sangat perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai usaha ini, apalagi bila Anda masih benar-benar baru dan belum punya pengalaman sama sekali.

Sebelum memulai bisnis apapun, alangkah baiknya bila Anda melakukan survei tempat lebih dulu yang kira-kira bisa menjadi lokasi yang cocok buat barang dagangan Anda.

2. Kreatifitas.
Umumnya sudah banyak yang menjalankan usaha snack, jadi bila Anda hanya menjual produk yang sama persis, tanpa melakukan berbagai kreatifitas maka Anda akan susah bersaing dengan penjual lainnya. Oleh karena itu buatlah kreatifitas yang menarik seperti membuat berbagai macam rasa, menggunakan kemasan-kemasan yang sedang populer, membuat bentuk yang menarik dan lain-lain.

3. Tempat jualan yang bagus dan menarik.
Suasana yang nyaman dan bersih akan membuat para customer Anda betah berlama-lama dan bukan tidak mungkin mereka akan kembali lagi karena merasa ada tempat nongkrong yang nyaman.

Karena tak sedikit dari mereka lebih memprioritaskan tempat yang bersih dan bagus untuk membeli sesuatu. Karena itu, pastikan tempat jualan Anda bersih, bagus dan menarik serta tertata rapi, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen Anda.

4. Harga lebih murah daripada di tempat lain.
Bagi Anda para pebisnis yang baru memulai usaha ini, jangan ragu untuk memberikan harga promosi dan lebih murah dibandingkan tempat lainnya, yang terpenting Anda masih dapat keuntungan walaupun sedikit.

Comments

Popular Posts