Cara Membuat Chocolate Crepes Cake

Cara membuat chocolate crepes cake – Kue Crepes ialah salah satu macam penganan yang sangat diminati oleh banyak orang. Bentuknya yang tipis dan garing serta memiliki berbagai macam varian isi dan toping membuatnya diminati bukan hanya oleh anak-anak namun juga oleh orang dewasa.

Crepes ini merupakan penganan yang berasal dari benua Eropa namun sudah tersebar ke seluruh negara di dunia. Bila dilihat dari segi bahasa, nama crepes berarti meringkuk, yang berasal dari bahasa Perancis, crispa. Bila dilihat selintas, bentuk crepes ini memang seperti meringkuk sebab saat dihidangkan, adonan kue crepes ini telah dilipat-lipat dahulu.

Macam-macam Kue Crepes

Dari awal kemunculannya sampai sekarang, kue crepes bisa dikategorikan menjadi dua jenis yang berbeda. Jenis yang pertama yaitu crepes manis. Seperti namanya, kue ini memakai tambahan bahan-bahan yang mempunyai rasa manis.

Adapun bahan isian yang kerap digunakan sebagai tambahan pada crepes manis adalah sirup, gula, selai, pisang, coklat, potongan buah, es krim, dan bahan-bahan lain yang memiliki rasa manis. Karena rasanya manis, kue crepes manis banyak diminati oleh kalangan anak-anak.

Sedangkan untuk jenis kue crepes kedua ialah crepes asin/gurih atau sering disebut crepe salee. Sesuai namanya, kue crepes ini memiliki rasa yang lebih asin atau gurih. Rasa gurihnya berasal dari bahan-bahan seperti keju, jamur, bayam, telur dan masih banyak lagi.

Crepes manis biasanya disajikan sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut (dessert), sedangkan untuk crepes asin sebagai hidangan pertama kalinya. Kue Crepes manis sendiri biasanya dibuat dengan bahan baku tepung terigu, sedangkan crepes asin menggunakan tepung buckwheat.

Sebagai salah satu penganan yang sangat populer dan digemari oleh berbagai kalangan baik tua maupun muda, wajar jika kita dapat menjumpai pedagang kue crepes di berbagai sudut kota. Akan tetapi, Anda tidak perlu membeli kue crepes ini jika hanya untuk dapat menikmati renyahnya crepes.

Anda dapat membuatnya sendiri di rumah Anda dengan mengikuti resep crepes yang akan disajikan dibawah ini. Bahan-bahan yang diperlukan amat gampang didapat dan alat-alat yang dipakai juga tentunya sudah ada di rumah Anda.

Baca juga  Cara Mudah Membuat Tepung Ampas Tahu Untuk Pakan ternak
Cara Membuat Chocolate Crepes Cake

100 gr tepung terigu berprotein sedang

150 ml susu cair. Anda dapat mempergunakan susu sapi cair atau dapat pula menggunakan susu bubuk yang telah Anda cairkan, sesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan-bahan yang ada di dapur Anda.

1 butir telur.

Mentega secukupnya (kira-kira 1 sdm saja). Mentega yang ada dilelehkan terlebih dahulu kemudian disisihkan.

1/2 sdt baking powder.



Bahan Isi Crepes

Bahan yang dipergunakan dalam resep kue crepes bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda misalnya saja pisang yang telah dipotong kecil-kecil, selai coklat, keju, choco chip, meses, susu atau bahan-bahan lain yang dapat dipergunakan untuk isian secara terpisah atau dicampurkan agar mendapatkan rasa yang lebih lezat.

Cara Membuat Kue Crepes

Kocok telur dan susu yang ada dengan memakai whisk hingga tercampur rata dan berbusa. Usahakan untuk mengocok sampai adonannya berbusa untuk membuat adonan crepes tetap lentur.

Tuangkan tepung gandum sedikit demi sedikit. Sebaiknya Anda memasukkan tepung terigu sembari diayak agar tepungnya jatuh secara rata dan membuat proses pencampuran menjadi lebih mudah. Aduk terus sampai rata.

Masukkan baking powder ke dalam campuran tadi kemudian aduk lagi hingga merata.

Masukkan margarin yang telah dilelehkan sebelumnya, aduk lagi hingga rata.

Siapkan periuk yang akan dipergunakan untuk membuat crepes. Anda dapat mempergunakan wajan untuk membuat terang bulan atau wajan anti lengket yang telah ada. Panaskan wajan tersebut terlebih dahulu.

Setelah wajannya panas, angkat dulu dari kompor, lalu masukkan 1 sendok sayur adonan kue crepes, putar wajan sampai adonannya merata dan tipis.

Kemudian taruh kembali wajan di atas kompor. Ingatlah untuk memasak crepes dengan menggunakan api kecil supaya adonan kue crepes tidak gosong.

Sumber :  https://ramesia.com/cara-membuat-chocolate-crepes-cake/

Peluang Usaha Es Krim Durian


Asal-usul Es Krim
Sebelum manusia melihat dan mengkonsumsi es krim yang seperti sekarang ini, orang-orang telah memakan es krim sejak masa dahulu. Tapi es krim yang dikonsumsi bukanlah es krim seperti sekarang, akan tetapi salju yang dicampurkan dengan berbagai macam makanan pelengkap lainnya. Semisal waktu abad ke-5 sebelum masehi, Hippocrates menyuruh pasiennya agar memakan salju yang dicampurkan dengan buah dan madu. Di daerah lain, yaitu Cina, campuran antara nasi dan susu beku dipakai pada waktu 200 sebelum masehi.

Perjalanan es krim hingga menjadi es krim yang seperti kita makan sekarang berjalan dari abad ke-16 sampai 19.

Lalu es krim menjadi populer di penjuru dunia terjadi waktu abad ke-20-an. Yakni ketika kulkas menjadi hal yang lebih lumrah. Pada masa itu terjadi kemunculan warung es krim dengan berbagai macam jenis dan rasa. Salah satunya yaitu Baskin-Robbins, yang masih ada sampai sekarang. Bisnis itu membuat 31 variasi es krim. Sekarang, mereka mempunyai sekitar seribu macam.

Kimia dari Es Krim
Es krim bersumber dari bahasa inggris yaitu ice cream. Kata “ice cream” sendiri mempunyai usul, yakni iced cream. Jika diperhatikan, maka iced cream bermakna krim yang dibekukan. Memang biasanya bahan baku utama es krim adalah susu. Kemudian susu krim ini kombinasikan perisa atau buahan-buahan. Selain itu es krim juga dikombinsasikan pemanis seperti sirup jagung, sukrosa, dan beberapa jenis pemanis lainnya.

Es Krim Modern
Salah satu perkembangan penting pada es krim pada abad ke-20 ialah diciptakannya soft-served ice cream. Soft-served ice cream adalah es krim yang mengandung lebih banyak udara. Oleh karena itu es krim ini lebih lembut bila dibandingkan es krim pada umumya. Es krim ini jadi pilihan lain di samping es krim keras.

Baca juga  Cara Membuat Steak Jamur yang Lezat dan Crispy
Sebelum perkembangan freezer modern, es krim cukup susah didapatkan dan langka. Ini disebabkan es krim umumnya hanya bisa didapatkan ketika musim dingin atau di daerah yang benar-benar dingin.

Pada abad ke-19 dan permulaan abad ke-20 pembuatan es krim dilakukan dengan freezer-freezer khusus es krim. Saat ini produksi es telah memakai mesin. Alat es krim umumnya dibagi jadi dua tipe, yakni yang dipakai untuk membuat hard-served ice cream dan yang untuk membuat soft-served ice cream. Salah satu mesin tersebut dapat didapatkan di ramesia mesin.

Peluang Usaha Es Krim Durian
Tak hanya es krimnya saja yang menggiurkan. Peluang usaha es krim durian pun juga cukup lezat.

Mirza Akbar mendirikan Yogya Ice Cream pada April 2008. Pada saat itu ia masih berusia 20 tahun dan merupakan mahasiswa semester 4. Waktu mendirikannnya Mirza mendapatkan modal 40,7 juta dari kedua orang tuanya. Modal tersebut ia peroleh dengan syarat ia tak menerima uang bulanan lagi setelah. Kemudian dia menjalankan usaha es krim dengan memakai tenda dengan biaya sewa 300rb rupiah per tahun.

Comments

Popular Posts